Just another WordPress.com weblog

REVO ABSOLUT

Honda Revo Absolut

Mau Lihat Video Revo Absolut di Sini

PT Astra Honda Motor (AHM), produsen sepeda motor nomor satu di Indonesia, makin agresif melakukan penetrasi pasar. Bahkan dalam situasi dan kondisi ekonomi seperti sekarang, Honda meluncurkan produk terbarunya, yaitu motor bebek Absolute Revo 110. Motor baru ini sekaligus sebagai pengganti Fit X dan Revo bermesin 100 cc.

Dengan penampilan yang atraktif dan mesin yang sudah dikenal irit, Absolute Revo akan menjadi saingan utama Yamaha Vega ZR yang diluncurkan awal Desember lalu. Keduanya menggunakan mesin berkapasitas 110 cc.

Untuk harga, Honda lebih kompetitif. Absolute Revo dengan velg jari-jari ditawarkan seharga Rp 11,6 juta, sedangkan Vega ZR Rp 11,8 juta. Varian lainnya adalah velg casting wheel dengan bodi dua warna, Rp 12,9 juta; dan velg casting wheel DX dengan bodi tiga warna, Rp 13,5 juta. Ini kejutan bagi konsumen motor di Indonesia karena biasanya Honda selalu mematok harga lebih tinggi.

Penampilan. Absolute Revo sebenarnya bisa dikatakan kembaran Blade dengan target berbeda. Blade ditargetkan buat anak muda yang mengutamakan penampilan yang lebih gaya dan sporty, sedangkan Absolute Revo ditargetkan bagi semua kalangan dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau, tetapi tetap bisa tampil gaya. Karena itu pula, desain Absolute Revo berbeda dengan Blade.

Honda menyebut konsep Absolute Revo dengan “Smart Styling”, “Smart Performance”, dan “Smart Convenient”. Bagian bebek yang dirancang secara khusus dan menjadi ciri khas Absolute Revo adalah lampu depan, sayap samping (leg shield), panel instrumen, panel saklar kontrol, kunci kontak, grip atau pegangan belakang, lampu kombinasi belakang, dan knalpot.

Desain lampu depan meski sama dengan Blade, yaitu model mahkota, pada Absolute Revo ukurannya lebih kecil dan dipasang pada bagian atas setang. Dengan ini, sorotan lampu mengikuti gerakan setang. Pada Blade, lampu depan dipasang pada tutup rangka depan. Lampu utama, termasuk lampu senja, disatukan dengan sein yang menggunakan mika atau tutup putih dan bola lampu kuning. Tipe lampu depan adalah multireflektor yang menghasilkan cahaya lebih terang.

Panel instrumen juga didesain dengan bentuk berbeda. Untuk ini, Honda menggunakan desain segi lima. Angka-angka dibuat dalam ukuran besar dan mudah dilihat saat motor lagi dipacu. Instrumen terdiri dari dua bagian. Bagian dalam, speedometer, indikator bensin dan odometer. Adapun bagian luar terdapat indikator posisi gigi dan lampu.

Konsep baru dan khusus Absolute Revo adalah penempatan saklar pada setang. Gerakan dari saklar tidak vertikal atau turun naik, tetapi horizontal, ke kanan dan kiri. Bahkan, untuk klakson berada di atas saklar lampu sein.

Kunci kontak menggunakan model yang banyak digunakan motor-motor masa kini. Dilengkapi dengan penutup yang bekerja secara otomatis. Untuk memudahkan melihat posisi kunci kontak di malam hari, permukaan tulisan pada kunci kontak, seperti ON, OFF , Ignition, Lock, dan Shut diberi lapisan fosfor.

Masih di bagian depan, sayap samping dirancang dengan format 3D. Kendati ukurannya agak praktis, tetapi tetap memberi kesan gagah dan bersih terhadap penampilan motor.

Grip atau pegangan belakang dirancang dengan bentuk motor-motor masa kini dan dibuat dari besi. Meski begitu, agar nyaman dipegang, grip dilapisi dengan PVC kenyal, seperti karet dan bertekstur.

Dari semua bagian yang tak kalah menarik dan membuat penampilan Absolute gagah adalah knalpot berbentuk oval dengan bagian tengah dicat hitam. Tatakan kaki buat boncengan bagian utamanya dipasangkan langsung ke rangka atau tidak berada pada lengan ayun. Dengan cara ini, getaran pada kaki boncengan bisa dikurangi.

Tambahan lain adalah pelindung panas mesin di sisi sebelah kanan, pelindung khusus shock absorber belakang atau tidak mudah kena debu serta aki MF atau kering. Juga ada stopper yang mencegah rantai lepas dari sproket bila kendor.

Mesin. Untuk mesin sama dengan Blade. Kendati kapasitas mesin Absolute Revo lebih besar dibandingkan Revo lama, menurut Honda, konsumsi bahan bakarnya lebih irit 5 persen. Adapun tenaganya bertambah 16 persen.

Kemampuan tersebut bisa diperoleh karena adanya pengembangan pada mesin, antara lain teknologi EFT (efficient & low friction technology), antara lain dengan membuat dinding piston tidak seluruhnya rata, tetapi diberi tekstur. Tujuannya supaya gesekan lebih rendah. Di samping itu, titik pusat pemasangan piston offset terhadap dinding silinder. Dengan cara ini, efek tamparan terhadap dinding silinder bisa dikurangi. Daya tahan lebih lama dan gesekan bisa dikurangi.

Tambahan lain, untuk mengurangi gesekan pada mekanisme poros kem, Honda menggunakan mekanisme roller rocker arm atau pelatuk katup yang bekerja seperti roda. Teknologi lainnya masih biasa, antara lain pasokan bahan bakar, karburator, dan pengapian DC-CDI.

Honda mengklaim, konsumsi bahan bakar 54,8 km/liter, sedangkan akselerasi dari diam sampai jarak 200 meter, waktunya 13,06 detik dengan kecepatan tertinggi 92,8 km/jam. Semua membuat Absolute Revo unggul dari kompetitornya sesama bebek bermesin 110 cc.

Spesifikasi

Dimensi (mm)
Panjang 1.925
Lebar 709
Tinggi 1.084
Jarak sumbu roda 1.221
Jarak terendah ke tanah 147
Mesin
Tipe 4-langkah, SOHC, 1 silinder,

pendingin udara

Kapasitas 109,1 cc
Diameter x langkah 50 x 55,6 mm
Perbandingan kompresi 9 : 1
Tenaga maksimum 8,46PS @7.500 rpm
Torsi maksimum 0,86 kgm @5.500 rpm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.